Desa Pacewetan

Desa Pacewetan merupakan sebuah Desa yang ada di Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jumlah Penduduk laki-laki ± 2486 jiwa dan perempuan ± 2464 jiwa total keseluruhan ± 4950 jiwa menurut data BPS Kabupaten Nganjuk tahun 2017/2018, Desa Pacewetan terdiri dari beberapa dusun/dukuh yaitu Dusun Kates, Dusun Bagi, Dusun Patran, Dusun Cangkringan, Dusun Karanganom, Dusun Pacewetan. di Desa Pacewetan juga terdapatat beberapa tempat pendidikan baik Swasta maupun Negeri, antara lain, SMA NEGERI 1 PACE, SD NEGERI Pacewetan I, SD Negeri Pacewetan II, TK Pertiwi Pacewetan, TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL Pacewetan, KB AISYIYAH Pacewetan, KB Ayu Laras Pacewetan, MIN Cangkringan. Mata pencaharian untuk masyarakat Desa Pacewetan adalah Pertanian dan sebagian adalah peternak tradisional. Kode Pos untuk Desa Pacewetan adalah 64472.
Pacewetan
Kecamatan Pace merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Nganjuk yang terletak di bagian selatan dari wilayah Kabupaten Nganjuk. Kecamatan Pace terletak pada koordinat 111º 5’ - 112º 13’ BT dan 7º20’ - 7º50’ LS. Kecamatan Pace terletak pada dataran rendah dengan ketinggian ± 56 Meter. Wilayah Kecamatan Pace memiliki jenis tanah Latosol, Gromosol, dan Aluvial dimana jenis tanah tersebut mempunyai struktur yang produktif untuk berbagai jenis tanaman khususnya tanaman pertanian. Batas wilayah Kecamatan Pace, sebelah utara dan barat berbatasan dengan Kecamatan Loceret. Pada wilayah bagian timur berbatasan dengan Kecamatan Tanjunganom dan bagian selatan berbatasan dengan Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri.
Pemerintah adalah suatu system yang mengatur segala kegiatan masyarakat dalam suatu daerah atau wilayah atau Negara yang meliputi segala aspek kehidupan yang berdasarkan norma – norma tertentu. Kecamatan Pace mempunyai pemerintahan yang sama dengan kecamatan – kecamatan lain di daerah Nganjuk. Pemerintah kecamatan dibawahi oleh Camat dan dalam menjalankan roda pemerintahan dibantu oleh bawahannya yaitu para kasi bidang tertentu dan beserta staf - stafnya, pemerintah desa/kelurahan di pegang oleh Kepala Desa/Kepala Kelurahan atau popular dipanggil Lurah dibantu bawahannya carik/sekretaris kelurahan dan perangkat desa - perangkat desa yang sesuai bidangnya. Tingkat administrasi di desa/kelurahan adalah RT (Rukun Tetangga). Bahwa desa/kelurahan mempunyai RT diwilayahnya masing – masing. Banyaknya RT di suatu desa/kelurahan bervariasi karena tergantung jumlah penduduk di suatu wilayah desa/kelurahan. Diatas RT ada RW (Rukun Warga) yang membawahi beberapa RT. Diatas RW adalah dusun/lingkungan yang dipegang oleh Kasun atau Kamituwo. Kecamatan Pace terdiri atas 18 Desa, 61 Dusun, 183 Rukun Warga, dan 536 Rukun Tetangga. Desa yang terletak di Kecamatan Pace meliputi : Joho, Jatigreges, Sanan, Pacekulon, Gondang, Cerme, Mlandangan, Jampes, Batembat, Babadan, Bodor, Pacewetan, Gemenggeng, Jetis, Banaran, Kecubung, Plosoharjo, dan Kepanjen.
Pendidikan adalah kegiatan belajar mengajar disegala tingkatan baik formal maupun informal. Pendidikan merupakan faktor penting dalam menentukan kemajuan suatu daerah. Oleh karena itu ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan yang berupa sumber daya manusia dan sarana fisik sangat penting Di Kecamatan Pace terdapat 39 Sekolah Dasar dimana 1 diantaranya berstatus swasta, 2 SMP negeri, 1 SMP swasta, 1 SMA negeri, 1 SMA swasta, 1 SMK berstatus swasta. 22 MI dengan 1 MI berstatus negeri, dan 2 MTS swasta. SMPN I Pace terletak di desa Pacekulon dan SMPN II Pace terletak di desa Banaran. Sedangkan SMA Negeri 1 Pace terletak di desa Pacewetan.


Popular posts from this blog

Lirik - Mung Biso Nyawang dan terjemah indonesia

Suliyana - Lirik Emong Adug Adug

Lirik - Kepangku Kapang dan terjemah bahasa indonesia