Desa yang ada di Kecamatan Bagor berada di kabupaten nganjuk

Kecamatan Bagor
Kecamatan Bagor merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Nganjuk yang terletak di bagian barat wilayah Kabupaten Nganjuk.Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Rejoso, sebelah selatan dengan Kecamatan Berbek, sebelah timur dengan Kecamatan Nganjuk, sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Wilangan.

Luas wilayah Kecamatan Bagor adalah 5.115,5 Ha yang terbagi dalam 5 bagian menurut jenis penggunaannya, yaitu tanah sawah 2333,3 Ha, lahan kering/tegal 283,8 Ha, bangunan dan pekarangan 847,2 Ha, hutan 1604,3 Ha, lain – lain 46,5 Ha. Dari data tersebut diatas Kecamatan Bagor sebagaian besar terdiri dari lahan sawah yang mencakup 45,6 % dari total wilayah Kecamatan Bagor yaitu potensi tanaman padi, kedelai bahkan tanaman pertanian hortikultura unggulan Kecamatan adalah tanaman bawang merah. Sarana irigasi di Kecamatan Bagor bagian utara sangat strategis yaitu dari pengairan Waduk Bening yang terletak di Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Debit air Waduk Bening bias mengairi sawah yang terletak di Kecamatan Wilangan, Kecamatan Bagor, bahkan hingga Kecamatan Rejoso. Dan daerah aliran irigasi dari Waduk Bening potensi pertanian tanaman hortikultura yaitu bawangmerah.

Batas Wilayah Kecamatan Bagor yaitu
Batas Utara Kecamatan Rejoso
Batas Timur Kecamatan Nganjuk
Batas Selatan Kecamatan Berbek
Batas Barat Kecamatan Wilangan

Kecamatan Bagor memiliki ketinggian ± 71 meter diatas permukaan laut, udara yang cukup panas dan berangin. Kecamatan Bagor terletak pada 111,45ᵒ - 112,13ᵒ BT dan 7,2ᵒ - 7,5ᵒ LS dengan iklim tropis 6 bulan mengalami musim kemarau dan 6 bulan mengalami musim hujan.

Tingkat administrasi di desa/kelurahan adalah RT (Rukun Tetangga). Bahwa desa/kelurahan mempunyai RT diwilayahnya masing – masing. Banyaknya RT di suatu desa/kelurahan bervariasi karena tergantung jumlah penduduk di suatu wilayah desa/kelurahan. Diatas RT ada RW (Rukun Warga) yang membawahi beberapa RT. Diatas RW adalah dusun/lingkungan yang dipegang oleh Kasun atau Kamituwo.
Secara administrasi Kecamatan Bagor terdiri dari 21 desa/kelurahan. Untuk memudahkan koordinasi setiap desa memiliki dusun, dan setiap dusun terbagi menjadi beberapa RW dan setiap RW terbagi menjadi beberapa RT. Dari 21 desa/kelurahan di Kecamatan Bagor terdiri dari 58 dusun, 129 RW, 531 RT, 16.694 Rumah Tangga.

Desa yang ada di Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk
1 Balongrejo
2 Girirejo
3 Pesedukuh
4 Sekarputih
5 Buduran
6 Ngumpul
7 Bagor Kulon
8 Petak
9 Paron
10 Karang Tengah
11 Selorejo
12 Gandu
13 Guyangan
14 Kedondong
15 Sugihwaras
16 Kutorejo
17 Kerep Kidul
18 Gemenggeng
19 Kendalrejo
20 Banaran Kulon
21 Banaran Wetan

Di Kecamatan Bagor terdapat 34 sekolahan SDN, 2 SMPN, 1 MTSN, 2 SMKN. Untuk sekolahan SD yang bukan negeri atau statusnya swasta di Kecamatan Bagor adalah MI sebanyak 5 unit sekolahan tersebar di 5 desa yaitu di desa Girirejo, desa Sekar Putih, desa Petak, desa Ngumpul dan desa Kutorejo. Untuk TK di Kecamatan Bagor semua statusnya swasta sebanyak 33 unit sekolahan.
Kecamatan Bagor merupakan daerah dimana sektor pertanian menjadi sektor dominan, sehingga sektor pertanian memegang peranan penting dalam perekonomian di Kecamatan Bagor. Pertanian yang unggulan adalah pertanian tanaman pangan yaitu padi dan kedelai serta tanaman hortikultura bawang merah yang menjadi andalan Kecamatan Bagor.Tanaman pangan padi merata di Kecamatan Bagor pada musim hujan antara Desember sampai Juni, untuk tanaman hortikultura bawang merah hampir merata. Yang potensi terletak di daerah sawah utara rel kereta api. Tanaman bawang merah jadi komuditi utama di wilayah tersebut antara bulan Juli sampai Nopember terdapat hamparan luas beberapa desa di wilayah utara rel kereta api.
Untuk menunjang roda ekonomi dan pemenuhan kebutuhan sehari -hari Kecamatan Bagor mempunyai 2 buah pasar permanen yang terletak di desa Petak yang orang – orang menyebut Pasar Bagor dan pasar Kerep Kidul. Ada juga pasar semi Permanen atau pasar krempyeng yang terletak di desa Girirejo dan desa Gemenggeng. Di era yang modern ini Kecamatan Bagor terdapat 5 buah mini market yang tersebar di desa Petak, Paron, kelurahan Guyangan, kelurahan Kedondong dan desa Gemenggeng. Tedapat pula 4 buah sorum motor /dealer motor yang terletak di desa Bagor kulon, kelurahan Guyangan 2 buah dan di desa Kutorejo.

Popular posts from this blog

Lirik - Mung Biso Nyawang dan terjemah indonesia

Suliyana - Lirik Emong Adug Adug

Lirik - Kepangku Kapang dan terjemah bahasa indonesia