cara membuat lamaran kerja yang baik

ilustrasi : cara membuat lamaran kerja
Ketika sobat mencari pekerjaan, tentu yang perlu sobat buat untuk melamar pekerjaan adalah surat lamaran kerja, Surat lamaran kerja merupakan salah satu hal yang sangat penting dan menentukan apakah sobat di terima atau tidak. sobat tentu harus membuat lamaran kerja tanpa perlu mengada-ada atau dibuat dengan ala kadarnya, jika sobat membuat lamaran kerja dengan benar dan tanpa mengada-ada atau memanipulasi data Insya Allah sobat akan lebih berpeluang untuk diterima kerja di tempat sobat melamar pekerjaan.
sobat sobat harus menulis surat lamaran kerja dengan baik agar kemungkinan diterima di perusahaan yang sobat inginkan semakin besar.

Berikut ini tips cara membuat lamaran kerja yang perlu di perhatikan :

  1. Sebelumnya baca dengan seksama dan analisa dengan sebaik-baiknya persyaratan persyaratan yang di butuhkan, agar dalam kita membuat lamaran kerja tidak keluar dari konteks atau keluar dari lowongan yang di butuhkan di perusahaan yang sobat lamar.
  2. Tulis surat lamaran kerja dengan kata yang merupakan bahasa baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  3. Gunakan kata-kata yang mudah di pahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.
  4. Tujuan surat harus jelas, Nama yang dituju haruslah anda pastikan benar ejaan namanya, gelar, jabatan, dan alamat perusahaan yang sobat tuju.
  5. Setelah sobat selesai menulis surat lamaran kerja, Baca sekali atau lebih, untuk memastikan tidak ada yang salah dalam tulisan tersebut, menggunakan tata bahasa baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering di ulang-ulang.
  6. Baik surat lamaran yang ditulis dengan tangan maupun dengan di ketik, pastikan lah kertas yang sobat pakai bersih dari kotoran, tidak ada bekas lipatan, tidak ada bekas dihapus, atau kotoran apapun usahakan bersih.
  7. Jika sobat menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisan sobat dapat dibaca, hindari menggunakan tulisan tegak bersambung, beri alas pada tangan sobat dengan tisu saat menulis agar kertas tidak kotor.
  8. Berdoalah sebelum dan sesudah menulis surat lamaran kerja
Cara membuat lamaran kerja :
Pada umumnya dalam menulis atau mengetik surat lamaran kerja untuk di ajukan kemanapun sama saja isinya, baik cara membuat lamaran kerja online maupun offline, baik surat lamaran untuk perusahaan, bank, maupun kantor kantor yang membutuhkan.

Langkah - langkah atau cara membuat lamaran kerja :

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat
  2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatan atau perusahaan yang dituju dan Alamat lengkap yang di tuju.
  3. Salam hormat
  4. Kata pengantar / pembuka : dalam kata pengantar atau pembuka surat lamaran kerja wajib sobat cantumkan di mana sobat mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja tersebut, contohnya sobat dapat informasi lowongan dari internet, media masa atau surat kabar.
  5. Biodata Pribadi : tuliskan nama lengkap sobat, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon, E-Mail, pendidikan (tidak wajib).
  6. Pengalaman kerja dan kemampuan sobat : Jika sebelumnya sobat pernah bekerja, tulis saja pekerjaan sobat sebelumnya, jika belum pernah pernah bekerja tidak usah, tulis juga kemampuan sobat yang sekiranya yang di butuhkan oleh perusahaan tersebut.
  7. Penutup : dSalam penutup sebuah surat lamaran kerja tulislah untuk pembaca sobat bahwa sobat mempunyai keinginan kuat agar di terima di perusahaan tersebut, dan jangan lupa ucapan terima kasih.
  8. Lampiran surat lamaran kerja : agar perusahaan yang sobat tuju semakin yakin untuk bisa menerima sobat, lampirkan juga hal-hal yang bisa menambah nilai plus sobat. hal-hal yang sebaiknya di lampirkan antara lain 
  • Pas Foto ( foto terbaru )
  • Fotokopi KTP
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah sobat ikuti)
      9. Hormat saya (tanda tangan dan nama lengkap)
demikian cara membuat lamaran kerja atau surat lamaran kerja semoga masih bisa bermanfaat buat sobat sobat sekalian.

Popular posts from this blog

Lirik - Mung Biso Nyawang dan terjemah indonesia

Suliyana - Lirik Emong Adug Adug

Lirik - Kepangku Kapang dan terjemah bahasa indonesia