Teks Ulasan Novel - Surat Kecil Untuk Ayah

Novel Surat Kecil Untuk Ayah


Surat Kecil Untuk Ayah merupakan salah satu novel laris yang dibuat oleh Boy Chandra. Berkisah tentang para ayah yang selalu menyisihkan waktu untuk keluarga dan bekerja keras seolah tanpa batas. Namun, seorang ayah juga tetap manusia. Di dalam novel ini, tokoh utamanya diperankan oleh tokoh yang bernama Aku.

a. Tafsiran
Pada bab pertama, Boy Chandra menceritakan lelaki yang sangat dekat dengan kehidupannya. Lelaki tersebut memberikan kasih tak terkira dan selalu menghadirkan senyuman di pagi buta. Yang dimaksud lelaki tersebut adalah Ayah.

Ayah dalam novel tersebut tidak pernah lelah untuk membuat seorang anak merasa nyaman. Namun, ia tak mengenal siapa sebenarnya ayahnya.

Cerita ini diakhiri saat saudara tiri memintanya datang ke Jakarta untuk menuju ke sebuah pemakaman. Matanya lantar menangis dan turun dari mobil dengan langkah gontai. Genggaman tangan yang memegang bunga tersebut jatuh bersama dengan air matanya.


b. Evaluasi
Kelebihan dari novel ini adalah bahasa yang disajikan dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Novel ini juga melampirkan beberapa perjuangan anak, ibu dalam kehidupan nyata. Sayangnya, novel ini adalah masih ada terdapat salah tulis dan penulisan yang kurang menarik serta sulit dimengerti.

c. Rangkuman 
Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan yang ada, novel ini wajib dibaca oleh anak zaman sekarang. Buku ini mengajarkan bahwa seorang anak harus menghargai kerja keras dan ketegaran seorang ayah. Meski terkadang kita lupa bahwa ayah juga seorang manusia biasa.

Popular posts from this blog

Lirik - Mung Biso Nyawang dan terjemah indonesia

Suliyana - Lirik Emong Adug Adug

Lirik - Kepangku Kapang dan terjemah bahasa indonesia