CONTOH ORIENTAS - Komarudin Pejuang Kemerdekaan Dari Korea

 

Komarudin Pejuang Kemerdekaan Dari Korea

Orientasi

Komarudin atau yang memiliki nama asli Yang Chil-seong ia merupakan salah satu pejuang Indonesia yang berasal dari Korea. Ia lahir pada tangal 29 Mei 1919 di Kabupaten Wanju, Provinsi Jeolla, Korea Selatan

Peristiwa dan Masalah

Pada tahun 1910-1945 semenanjung korea menjadi wilayah kekuasaan jepang. Awal tahun 1942 banyak pemuda korea dikerkrut jepang untuk menjadi pasukan tambahan saat melakukan ekspansi di Asia Tenggara.

Salah satu pemuda itu adalah Yang Chil-seong atau komarudin. Awalnya ia ditugaskan oleh kolonial jepang untuk menjaga tertara sekutu  di Bandung. Setelah jepang mengaku  kalah kepada sekutu, Indonesia menyatakan sebagai negara yang merdeka. Dari pernyataan itu para penduduk Indonesia kemudian menyerang tawanan perang dan tentara jepang yang tersisa di Indonesia.

Tapi Yang Chil-seong tidak langsung kembali ke negaranya. Ia memilih menetap dan mengganti namanya menjadi Komarudin.

Pasukan belanda kembali masuk ke indonesia tidak lama setelah Indonesia merdeka. Komarudin bersama empat orang tentara jepang lainnya bergabung dengan Pasukan Pangeran Pakpak Garut pimpinanan Mayor Saod Moestafa Kosasih.

Ketika belanda dan sekutu memulai agresi militer ,komarudin bersama pasukannya pergi ke garut dan berperang secara gerilya.

Pasukan ini juga pernah ikut berperang dalam peristiwa bandung lautan api. Mereka juga pernah menghancurkan jembatan cimanuk sebagai salah satu strategi menggagalkan usaha belanda merebut Wanaraja, Garut.

Komarudin dan Pasukan Pangeran Papak ( abu bakar dan usman) akhirnya tertangkap di Gunung Dora, dan mereka dieksekusi mati di Kerkhoff, Garut.

Reorientasi

Jika orang asing begitu cintanya terhadap Indonesia, rela berjuang dan meninggal untuk Indonesia, tentunya ini adalah pelajaran bagi kita semua tentang pentingnya cinta terhadap tanah air

Comments

Popular posts from this blog

Lirik - Mung Biso Nyawang dan terjemah indonesia

Suliyana - Lirik Emong Adug Adug

Lirik - Kepangku Kapang dan terjemah bahasa indonesia