CONTOH ORIENTASI - SEJARAH DANAU TOBA

SEJARAH DANAU TOBA

 

Orientasi

Seorang laki-laki bernama Toba yang hidupnya sederhana tidak memiliki keluarga, hal yng dilakukan Toba hanyalah memancing untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Peristiwa dan Masalah

Pada Suatu hari saat memancing Toba mendapati kail pancingnya menangkap ikan yang besar. Namun Toba terkejut saat mendapati ikan besar tersebut berubah menjadi seorang wanita cantik.

Toba yang langsung jatuh hati akhirnya memutuskan untuk menikahinya, wanita cantik tersebut setuju. Namun dengan persyaratan Toba tidak boleh mengungkit asalnya dari seekor ikan dan disetujui oleh Toba. Akhirnya mereka menikah dan hidup sederhana serta semakin lengkap saat dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Samosir.

Samosir memiliki nafsu makan yang besar hingga Toba harus bekerja ekstra untuk memenuhi kebutuhan hidup keluargannya. Suatu hari ibunya meminta Samosir untuk membawa makan siang untuk ayahnya yang bekerja di ladang. Jarak ladang yang cukup jauh membuat Samosir merasa lapar dan haus.

Akhirnya Samosir tanpa sengaja memakan makan siang ayah yang dibawannya hingga hanya tersisa sedikit. Samosir merasa takut jikalau ayahnya murka namun jika kembali lagi ke rumah tidak akan cukup waktunya. Sehingga akhirnya Samosir memilih membawa makanan yang sedikit itu kepada ayahnya dan benar Toba marah kepada Samosir.

Dengan emosi Toba melempar bekal  makanannya dan mengumpat kepada Samosir dengan berbicara bahwa Samosir adalah anak ikan. Tentu mendengar hal itu membuat Samosir menangis dan  pulang dengan sedih.

Samosir menceritakan hal tersebut kepada ibunya dan tentu saja ibunya merasa Toba telah mengingkari janji. Akhirnya ibunya menyuruh Samosir menuju  atas bukit dan menunggu saja disana. Tiba – tiba air keluar dari tempat istri Toba berdiri dan terus mengalir dengan deras dan tempat Samosir berdiri telah menjadi sebuah pulau kecil.

Reorientasi

Itulah sejarah dibalik danau Toba dengan pulau kecil bernama Samosir di tenggah danau tersebut. 

Comments

Popular posts from this blog

Lirik - Mung Biso Nyawang dan terjemah indonesia

Suliyana - Lirik Emong Adug Adug

Lirik - Kepangku Kapang dan terjemah bahasa indonesia